7 September 2018

Doa Bapa Kami dan Salam Maria dalam Bahasa Jawa

Dua hari yang lalu, anak-anakku yang bersekolah di SD Kanisius Kurmosari Semarang mendapat tugas untuk belajar doa Bapa Kami dan Salam Maria dalam bahasa jawa. Mereka mendapat secarik kertas bertuliskan doa Bapa Kami dan Salam Maria dalam bahasa Jawa. 
Sekolah mereka memulai kebijakan baru yaitu untuk "nguri-uri budaya jawa" karena saat sekarang ini banyak anak-anak yang kurang mahir berbahasa daerahnya, yaitu bahasa jawa dengan semua tingkatan bahasanya, yaitu basa ngoko, basa krama dan basa krama inggil. 

Sekolah mereka memulai dengan cara setiap hari kamis mewajibkan siswa dan guru berinteraksi dengan menggunakan bahasa jawa dilingkungan sekolah. Baik untuk doa, pembacaan eksamen setiap sebelum pulang sekolah, pengumuman dan juga bila mereka akan berbicara satu sama lain. 

Kami sebagai orang tua wali sangat mengapresiasi kebijakan ini, karena kami sebagai orang tua pun juga perlu untuk mengasah kemampuan berbahasa jawa kami, khususnya bila berbincang dengan orang yang lebih tua.

Kembali ke doa Bapa Kami dan Salam Maria dalam bahasa jawa.
Dulu, saat aku masih kecil, di gereja nenek ku di Wedi, Klaten juga aku sering mengikuti misa berbahasa jawa. Saat itu aku masih SD, dan sebenarnya kurang hapal dengan doa-doa dalam bahasa jawa, terkadang juga kotbah Romo dalam bahasa jawapun aku sering roaming...sering sekali aku bertanya ke Ibu atau Bapakku apa artinya. Jadi kalau ke gereja tidak membawa Kidung Adi, hampir dipastikan aku berasa misa bersama alien..hanya bisa diem ngikutin misa dengan tenang (alias ngga ngerti apa-apa) Hehehe...semoga anak-anakku ngga meniruku ya..

Dari tugas anak-anakku kemarin itu akupun mencoba untuk ikut lagi belajar dan menghapal doa Bapa Kami dan Salam Maria dalam bahasa jawa. 

Dibawah ini aku coba share ya...semoga kami serumah bisa cepat hapal..


Doa Bapa Kami ( Bahasa Jawa )

Rama kawula ing swarga
Asma Dalem kaluhurna
Kraton Dalem mugi rawuha
Karsa Dalem kalampahana
wonten ing donya kados ing swarga
kawula nyuwun rejeki kangge sapunika
sakathahing lepat nyuwun pangamputen dalem 
kados dene anggen kawula ugi ngapunten dhateng sesami
kawula nyuwun tinebihna saking panggoda saha linuwarna saking piawon.
Amin


Doa Salam Maria ( Bahasa Jawa)

Sembah bekti kawula, Dewi Maria, kekasihing Allah
Pangeran nunggil ing panjenengan Dalem.
Sami-sami wanita Sang Dewi pinuji piyambak,
saha pinuji ugi wohing salira Dalem, Sri Yesus.
Dewi Maria, Ibuning ALLah,
kawula tiwang dosa sami nyuwun pangestu dalem,
samangke tuwin benjing dumugi pejah.
Amin


Kedua doa itu aku print dan di tempel mdi beberapa tempat di rumah, agar kami menjadi terbiasa berdoa dengan bahasa jawa juga.
Berkah Dalem

1 komentar:

Setya Ririn mengatakan...

Semoga bermanfaat ya...

Our Journey

Daisypath Anniversary tickers